Show simple item record

dc.contributor.authorHaviluddin, Haviluddin
dc.date.accessioned2020-01-16T06:46:44Z
dc.date.available2020-01-16T06:46:44Z
dc.date.issued2010-09-03
dc.identifier.issn1858-4853
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/3589
dc.description.abstractPenerapan pembelajaran aktif di perguruan tinggi didasarkan pada prinsip bahwa cara belajar terbaik bagi mahasiswa adalah dengan melakukan, dengan menggunakan semua inderanya dan dengan mengeksplorasi lingkungannya yang terdiri atas orang, hal, tempat dan kejadian yang terjadi dalam kehidupan nyata (pembelajaran kontekstual dan pemecahan masalah). Untuk memfasilitasi pembelajaran aktif, dosen harus menggunakan berbagai strategi yang aktif dan kontekstual, melibatkan pembelajaran bersama (cooperative learning) dan mengakomodasi perbedaan jender dan gaya belajar masing-masing mahasiswa dengan tujuan untuk memaksimalkan kemampuan pembelajar dalam memahami hal baru dan dapat menggunakan informasi baru tersebut dalam kehidupan mereka sehari-hari. Teknologi informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sementara teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Pembelajaran aktif sesungguhnya adalah bagaimana membuat proses pembelajaran itu lebih berpusat kepada mahasiswa yang aktif dengan memanfaatkan teknologi informasi atau ICT Component.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Informatika Mulawarman - Universitas Mulawarmanen_US
dc.subjectpembelajaran aktif; cooperative learning; ICTen_US
dc.titleActive Learning berbasis Teknologi Informasi (ICT)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record