Show simple item record

dc.contributor.authorCandra, Krishna Purnawan
dc.contributor.authorSukartin, Sukartin
dc.contributor.authorSusanty, Arba
dc.contributor.authorFitriani, Fitriani
dc.contributor.authorMutawakkil, Akhmad
dc.date.accessioned2019-11-05T12:12:12Z
dc.date.available2019-11-05T12:12:12Z
dc.date.issued2008
dc.identifier.issn-
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1692
dc.description.abstractSaat ini produksi biodiesel secara massal pada umumnya dilakukan secara kimia. Namun sejak satu dekade terakhir, telah banyak penelitian sintesis biodiesel secara enzimatis. Pada proses secara enzimatis, esterifikasi maupun transesterifikasi dapat terjadi secara bersamaan. Disamping itu, telah diketahui banyak keuntungan yung dip"toleh dari produksi biodiesel secara enzimatis dibanding secara kimia. Pioses produksi biodiesel (FAME) menggunakan CPO dan metanol sebagai bahan baku yang dikatatisis dengan lipase dari Pseudomonas cepacia telah dicoba. Berbeda dengan bila menggunakan minyak goreng, perbandingan mol CPO dan metanol sampai dengan 1:9 masih menunjukkan kenaikan FAME yang dihasilkan. Yield FAME yang diperoleh pada penelitian ini masih sangat rendah, untuk itu perlu dicoba pengunaan emulsifier dalam sintesis FAME ini.
dc.publisherSeminar Nasional Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, 22-23 Agustus 2008
dc.titleSintesis FAME dari CPO menggunakan lipase dan Psedomonas cepacia (synthesis of FAME from CPO using Pseudomonas cepacia lipase)


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record