Show simple item record

dc.contributor.authorQadar, Riskan
dc.date.accessioned2019-11-05T05:19:46Z
dc.date.available2019-11-05T05:19:46Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.isbn978-602-6834-80-5
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1325
dc.description.abstractMatakuliah ini merupakan prasyarat bagi kelompok matakuliah keahlian program studi pada program S-1 Program Studi Pendidikan Fisika. Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai pengetahuan optika geometri dan optika gelombang serta dapat mengembangkan dan mengaplikasikan untuk mempelajari pengetahuan fisika optika yang lebih tinggi. Dalam perkuliahan ini dibahas Sifat-Sifat Cahaya: Sifat-Sifat Cahaya, Indeks Refraksi, Lintasan Optik, Hukum Refleksi, Hukum Refraksi, Refleksi Total, Intensitas Cahaya refleksi, Fenomena Gelombang Eletromagnetik, Lampiran Percobaan Sifat-Sifat cahaya. Refleksi dan Refraksi Pada Bidang Datar Dan Lengkung: Dispersi, Polarisasi, Prinsip Fermat, Kaca Plan Paralel, Prisma, Lampiran Percobaan Refleksi dan Refraksi. Cermin: Cermin Datar, Cermin Lengkung, Lampiran Percobaan Cermin. Permukaan Lengkung dan Lensa: Permukaan Lengkung, Lensa Tipis, Lensa Tebal, Lampiran Percobaan Permukaan Lengkung dan Lensa. Alat-Alat Optika: Lup, Mata, Kamera, Mikroskop, Teleskop, Lampiran Percobaan, Alat-Alat Optika. Interferensi: Interferensi Cahaya Dua Celah, Intensitas dalam Pola Interferensi, Interferensi Film Tipis, Cincin Newton, Lampiran Percobaan Interferensi. Difraksi: Difraksi Fresnel dan Fraunhofer, Difraksi Celah Tunggal, Difraksi Cahaya Lubang Lingkaran, Kisi Difraksi, Difraksi Sinar x, Holografi, Lampiran Percobaan Difraksi. Capaian pembelajaran yang akan ditempuh adalah: Sikap: S1 mencakup; Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius, jujur dan sabar, S9 mencakup; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, dan S10 mencakup; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Keterampilan umum: KU2 mencakup; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri (self-regulation), bermutu dan terukur, KU3 mencakup; Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, atau desain, dan KU9 mencakup; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan serta mencegah plagiasi. Keterampilan khusus: KK4 mencakup; Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah, KK5 mencakup Mampu mengelola sumber daya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan. Selanjutnya untuk Pengetahuan: PP8 mencakup; Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika, PP9 mencakup Menguasai konsep fisika, pola pikir keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pembelajaran fisika di sekolah, dan PP10 mencakup; Menguasai konsep fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pendidikan lanjut ke jenjang magister.
dc.publisherMulawarman University Press
dc.titleOptika


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record